Sebagai salah satu tempat tujuan wisata yang sekaligus juga menjadi aset penting yang ada di Kepulauan Seribu dan Ini Yang Dapat Anda Lakukan di Pulau Seribu, dari tahun ke tahun Pulau Bira menjadi semakin ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Selain sebagai salah satu tempat objek wisata favorit keluarga, pulau tersebut juga banyak dikunjungi wisatawan yang ingin sekedar melepaskan lelah dan penat dari segala rutinitas keseharian mereka yang padat dan melelahkan.

Mungkin banyak dari kita yang sudah mengenal Kepulauan Seribu yang merupakan salah satu daerah bagian dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Daerah tersebut memang sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu tempat tujuan wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan setiap tahunnya. Kepulauan Seribu sendiri merupakan sebuah Kecamatan yang terdiri dari ratusan gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar luas dan masih sangat alami. Jika anda menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata ini, anda sebaiknya memanfaatkan waktu anda semaksimal mungkin agar anda bisa sepuas-puasnya menikmati keindahan dan pesona dari tempat wisata ini.

Objek Wisata Pulau Bira

Pulau Bira seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, merupakan salah satu pulau di gugusan Kepulauan Seribu yang sekaligus menjadi tempat tujuan wisata bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Pulau ini memiliki luas wilayah sekitar kurang lebih 35 hektar dan letaknya di bagian utara Kepulauan Seribu. Selain itu pulau ini juga mempunyai dua bagian yaitu Pulau Bira Besar dan Pulau Bira Kecil. Ada satu pulau lagi yang merupakan pulau terusan dari Pulau Bira Besar yaitu Pulau Kayu Angin Bira. Selain itu di sekitar pulau ini juga terdapat beberapa pulau lain yang bisa anda kunjungi seperti Pulau Papa Theo, Pulau Pelangi, Pulau Kuburan Cina, Pulau Putri, Pulau Sepa, dan Pulau Genteng Kecil, dan Pulau Macan Gundul.

Keindahan alam dan Pesona Pantai yang cantik menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki Pulau Bira. Jika anda menyempatkan sendiri untuk datang mengunjungi pulau Bira, anda pasti setuju dengan pendapat kebanyakan orang tentang pesona dan keindahan pulau yang satu ini. Pulau yang dikelilingi oleh pasir putih yang bersih dan cantik, lautan luas di sekitar dengan air yang bening, biru dan menyegarkan, serta pesona biota laut yang sangat unik dan indah. Pulau ini memiliki banyak keindahan pemandangan bawah laut yang sangat mempesona. Itulah sebabnya Pulau Bira bukan hanya dikenal sebagai pulau asri yang alami, namun juga dikenal sebagai salah satu tempat snorkeling yang sangat populer di Kepulauan Seribu.
Selain bisa melakukan aktifitas berenang dan snorkeling anda juga bisa berkeliling pulau di sepanjang pantai sambil menikmati pemandangan sekitar pulau dan juga pemandangan matahari terbenam yang memukau. Selain itu anda bisa menghabiskan waktu anda dengan duduk-duduk di dermaga kayu yang ada di Pulau BIra sambil bermain air dan menikmati indahnya pemandangan lautan biru yang luas sekaligus menikmati hembusan angin laut yang sejuk dan menyegarkan.

Fasilitas dan Akses Menuju Pulau Bira

Pulau Bira sendiri dulunya merupakan pulau yang dijadikan sebagai tempat resort pribadi yang dimiliki oleh perusahaan swasta sekitar tahun 1980 an. Itulah sebabnya jika anda mengunjungi Pulau Bira, anda bisa menemukan beberapa Cottage, Bungalow, lapangan Golf yang luas, dan juga kolam renang tersedia di pulau ini. Namun kemudian resort tersebut tutup dan Pulau Bira kemudian dipegang oleh pihak Pemerintah Kota.

Itulah mengapa jika anda mengunjungi Pulau Bira, anda tidak perlu kawatir dimana tempat anda bisa tinggal dan bermalam karena sudah banyak cottage dan bungalow yang disediakan dengan fasilitas lengkap dan memadai dan disewakan di pulau tersebut. fasilitas tersebut seperti tempat tidur yang nyaman, perlengkapan mandi, kamar mandi dan masih banyak fasilitas lain yang ditawarkan. Anda juga sudah tidak perlu lagi memikirkan tentang mencari makan keluar penginapan, karena paket makan sudah tersedia dan bisa anda dapatkan lengkap sebagai satu paket dengan sewa dan fasilitas penginapan. Tentunya semua fasilitas yang bisa anda nikmati tergantung dengan kesanggupan biaya yang bisa anda bayar. Tapi anda jangan takut dan kawatir karena harga sewa yang ditawarkan bisa anda nego dan diskusikan.
Namun bagi anda yang masih ingin menikamati jajanan dan kuliner khas Pulau Bira, anda bisa mengunjungi restoran, atau kedai makanan yang biasanya menyediakan berbagai macam kuliner hidangan laut khas Pulau Bira. Bila anda ingin membeli jajanan atau cemilan, anda juga bisa membelinya di warung-warung kecil sekitar pulau yang biasanya menjual berbagai cemilan, makanan ringan dan minuman.

Selain bungalow dan cottage sebagai fasilitas untuk menginap serta restoran dan kedai sebagai tempat wisata kuliner, di Pulau Bira anda juga bisa menikmati bermain golf di lapangan golf yang luas dan sudah tersedia di pulau. Kemudian jika anda pergi ke Pulau Bira bersama anak-anak dan bermain di pantai, pemerintah setempat juga sudah menyediakan spot kusus bagai anak-anak di pinggir pantai yang aman dari bahaya gelombang air laut. Jadi sambil menikmati keindahan dan pesona Pantai Pulau Bira, anda bisa lebih tenang mengawasi anak-anak anda bermain di pinggir pantai. Tetapi sayangnya untuk fasilitas kolam renang yang ada sudah tidak digunakan lagi, sehingga menjadi terbengkalai dan tak terurus.

Kemudian di Pulau Bira juga sudah terdapat dua dermaga, dermaga bagian depan dan bagian belakang pulau. Dermaga bagian depan biasanya digunakan untuk tempat merapatnya kapal yang baru datang ke pulau atau yang ingin pergi dari pulau. Sedangkan dermaga bagian belakang biasanya digunakan sebagai tempat merapatnya kapal atau perahu yang bisa disewa untuk kegiatan memancing, berenang, diving, atau snorkeling di lautan bebas dekat dengan Pulau Bira. Jadi bagi anda yang hobbi bermain air, memancing, atau snorkeling dan melihat keindahan ikan-ikan serta terumbu karang di bawah laut, anda bisa melakukannya dengan bebas dan puas di Pulau Bira ini.

Bagi anda yang tertarik mengunjungi Pulau Bira, anda bisa berangkat dari Pelabuhan Muara Angke dengan menyewa kapal penumpang. Atau bisa juga berangkat dari Pelabuhan Marina Ancol dengan menyewa kapal cepat. Untuk kapal penumpang sendiri biasanya memerlukan waktu sekitar 3 sampai 3,5 jam untuk sampai di Pulau Bira, sedangkan untuk Kapal cepat waktu tempuhnya bisa lebih cepat. Namun tentunya dengan harga sewa yang berbeda yang biasanya lebih mahal dari kapal penumpang.

Meskipun letaknya terbilang jauh dan waktu tempuhnya juga terbilang lama, tetapi masih banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk mengunjungi pulau ini. Alasannya tentu saja karena keindahan dan kelengkapan fasilitas yang ada di Pulau Bira. Hal inilah yang kemudian bisa menjadi daya tarik pulau tersebut sebagai salah satu tempat tujuan wisata favorit bagi keluarga anda, khususnya bagi anda yang tinggal dan berdomisili di Jakarta dan sekitarnya. Jadi jangan sampai anda melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pulau Bira.